seni budaya smp

Persyaratan Teknis Peralatan Seni Budaya SMP DAK Pendidikan 2019 Leave a comment

Pendidikan seni budaya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Pendidikan seni budaya memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas, kecerdasan kreativitas, kecerdasan spiritual dan moral, dan kecerdasan emosional.

Setiap alat seni budaya diharapkan memenuhi kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kurikulum yang berlaku. Kebutuhan dimaksud tertuang dalam sebuah deskripsi teknis yang disebut spesifikasi. Karakteristik tersebut dirumuskan dengan melihat dua aspek utama, yaitu aspek umum dan aspek khusus dengan mempertimbangkan nilai edukatif, keamanan penggunaan, dan bahan/material.

  1. Aspek umum yang harus ada dalam setiap peralatan seni budaya adalah sebagai berikut:
    a) setiap alat yang dibeli merupakan alat baru;
    b) tanpa kerusakan atau cacat;
    c) peralatan harus aman terhadap pemakai dan peralatan itu sendiri; dan
    d) setiap alat terdapat identitas permanen (lambang/merk) dari produsen.
  2. Aspek khusus berupa spesifikasi masing-masing komponen peralatan seni budaya untuk sarana pendidikan dengan mempertimbangkan:
    a) ukuran;
    b) bahan;
    c) fungsi;
    d) mudah digunakan/dirakit;
    e) kelengkapan alat;
    f) mudah perawatan;
    g) sesuai dengan konsep; dan
    h) memiliki kompatibilitas (kesesuaian dan dapat dirakit dengan alat lain).

Daftar nama, jenis alat minimal, spesifikasi minimal dan jumlah minimal peralatan seni budaya SMP yang diadakan selengkapnya dapat dilihat dalam spesifikasi teknis.

Tinggalkan Balasan

WhatsApp NEGO di sini